Leave With Smile

To leave the world with a smile..

Rahasia Waktu Senja dan Shubuh

Posted by leavewithsmile on May 25, 2010

Blog ini sebenarnya diciptakan sebagai bekal pengetahuan agar kita dapat mempersiapkan diri untuk hari yang kekal nanti. Supaya kita bisa meninggalkan dunia yang sementara ini dengan senyuman. Leave the world with a smile🙂 Oleh karena itu saya mencoba menulis beberapa artikel Islami. Semoga bisa masuk ke dalam hati, walau saya akui menulisnya dalam keadaan jauh dari hati dan jiwa yang bersih. Semoga dapat menjadi amal ikhlas yang diterima Allah SWT.

Sebagai seorang muslim, kalau kita suka membaca terjemah Al-Qur’an, kita akan tahu jika banyak disebutkan kata-kata seperti ini di Al-Qur’an: “dan pada pergantian siang dan malam sungguh terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berpikir.” atau pada ayat lain disebutkan: “bagi orang-orang yang beriman”.

Beberapa di antaranya:

1. Demi malam apabila menutupi (cahaya siang). (QS. 92:1).

2. Allah menutupkan malam kepada siang. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan. (QS. 13:3).

3. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (QS. 3: 190)

Juga pada hadits-hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda (kurang lebih): dzikir pada sebelum matahari terbit dan terbenam lebih aku sukai daripada memerdekakan budak. Please CMIIW (correct me if i’m wrong). Juga kalau kita perhatikan, tidak ada sholat sunnah rawatib setelah sholat ashar dan sholat shubuh. Kita juga tidak dianjurkan untuk tidur pada kedua waktu tersebut.

Apa artinya?

1. Allah SWT sangat banyak menyebut siang dan malam serta nama-nama waktu lainnya seperti dhuha, sepertiga malam terakhir, dsb. Itu menandakan bahwa seorang muslim harus berdisiplin dan menghargai waktu (saya sendiri masih suka membunuh waktu.. astagfirullah..) karena banyak keutamaan pada waktu-waktu tertentu. Salah satunya adalah pergantian siang dan malam.

2. Balik lagi ke pergantian siang dan malam. Kenapa begitu spesial? Kalau menurut hemat saya, pada pergantian siang dan malam, adalah keajaiban. Mungkin karena kita melihatnya setiap hari, kita tidak menganggap itu sesuatu yang ajaib. Karena memang sudah biasa. Tapi bayangkan… dunia yang tadinya gelap, dirubah oleh Allah SWT menjadi terang benderang (pagi hari). Dan dunia yang tadinya terang, diubah menjadi gelap gulita oleh Allah SWT. Tidak ada teknologi manusia yang mampu menggerakkan matahari sedemikian rupa.

3. Dan yang lebih menarik (menurut saya) adalah pergantiannya yang sangat perlahan. Bisakah kita membayangkan bila Allah SWT mengganti siang dengan malam atau sebaliknya secara tiba-tiba? Bisa dianalogikan seperti benda yang panas, tiba-tiba disiram air dingin.. Apakah benda tersebut akan cepat rusak? Tentu saja. Pergantian yang sangat perlahan ini menunjukkan bahwa Allah SWT Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Tak peduli, apakah di bumi itu ada orang kafir atau tidak, karena rahmat Allah SWT di dunia memang untuk semesta alam.

Jadi, karena ketiga faktor di atas, waktu pergantian siang dan malam menjadi sangat istimewa. Itu menurut hemat saya. Pastinya masih sangat banyak alasan dan rahasia lain yang saya belum mengetahuinya karena Allah SWT Yang Maha Tahu. Sedangkan ilmu saya sangat terbatas dan belum lagi banyaknya dosa yang saya perbuat.

Jadi, kita sudah mengetahui keistimewaan kedua waktu tersebut. Lalu apa yang bisa kita lakukan pada kedua waktu itu? Tentu saja bukan ngabuburit atau tidur. Ada dzikir di pagi dan sore hari yang biasa diamalkan oleh Rasulullah SAW.

Ingat QS. 20: 130 yang bunyinya:

“Maka sabarlah kamu atas apa yang mereka katakan, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu, sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya dan bertasbih pulalah pada waktu-waktu di malam hari dan pada waktu-waktu di siang hari, supaya kamu merasa senang,.

Ada dzikir al-ma’tsurat yang biasa di baca pada pagi dan sore hari. Kalau mau beli, ada, bukunya kecil. Bisa dicari di toko-toko buku Islami kesayangan anda🙂

Semoga bermanfaat. Yang benar datangnya dari Allah SWT dan yang salah datangnya dari saya dan syaithan. Wallahu’alam.

Rezka S

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: