Leave With Smile

To leave the world with a smile..

Another Inspiration: Ikhlash

Posted by leavewithsmile on September 7, 2010

Dari Al Qur’an yang mulia, diceritakan bahwa setelah Adam diciptakan, Allah SWT memerintahkan kepada makhluk-Nya untuk sujud kepadanya. Maka semuanya bersujud kecuali syetan. Syetan berkata bahwa ia lebih mulia daripada manusia karena ia diciptakan dari api, sedangkan Adam diciptakan dari tanah.

Maka Allah mengutuk syetan, dan syetan meminta penangguhan hingga akhir zaman. Dan dikabulkan. Syetan mengatakan bahwa ia akan menyesatkan semua manusia, kecuali manusia yang ikhlash (illa ibadikal mukhlashiin).

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa ikhlash adalah berbuat hanya karena Allah dan tidak berbuat karena Allah. Seorang tabi’in (Saya lupa namanya) mengatakan bahwa ibadah yang ditunda karena takut terlihat manusia pun tergolong tidak ikhlash, kenapa? Karena dia menunda ibadahnya karena ada manusia, bukan karena Allah.

Seseorang pernah mengajak saya untuk bersilaturahmi ke rumah kerabatnya supaya dapat uang THR yang banyak. Alhamdulillah saya segera dapat mengingatkannya untuk beristigfar karena niatnya bersilaturahmi bukan karena Allah, tapi karena uang. Na’udzubillahi min dzalik.

Begitu juga hendaknya saat kita melakukan amalan lainnya, pada awal niatnya hendaklah agar selalu melibatkan Allah demi keikhlasan padaNya. Berangkat kerja, ingatlah Allah, supaya dapat keridhaan-Nya, juga agar terhindar dari syetan yang terkutuk.

Cukup sederhana. Begitulah ilmu saya. Sangat sedikit dan terbatas. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan dapat diterima Allah sebagai amal ikhlas. Amin.

Wallahu’alam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: