Leave With Smile

To leave the world with a smile..

Buka Tutup Gudang Rezeki

Posted by leavewithsmile on September 25, 2010

Tahu fungsi kunci, kan? Yap, menutup dan membuka semua jenis pintu dari mulai pintu lemari sampai gudang harta. Kehidupan dunia ini merupakan gudang penyimpanan rezeki bagi setiap mahluk yang bernyawa sebagaimana termaktub dalam hadis berikut :

“Malaikat Jibril membisikkan kepadaku bahwa setiap jiwa tidak akan keluar dari dunia (mati) hingga genap umurnya dan telah menghabiskan rezeki (yang menjadi jatahnya). Maka baguskanlah kalian dalam mencari rezeki, jangan sekali-sekali mengusahakan rezeki cepat datang dengan cara (yang mengandung) maksiat pada Allah Swt. Karena sesungguhnya Allah Swt tidak akan memberikan apa yang ada di sisiNya, kecuali dengan melakukan ketaatan padaNya.” (HR Thabrani).

Nah, apa saja kunci bagus yang bisa membuka pintu gudang kehidupan hingga memungkinkan kita untuk meraih rezeki yang tersimpan di dalamnya? Rangkaian kutipan dalil naqli berikut akan memberikan jawabannya :

1. ‘…, dan siapa pun yang ingin mendapatkan rezeki hendaknya ia memohon ampun pada Allah Swt (istighfar)…’ (HR Baihaki).
‘Siapa yang langsung membaca istighfar maka Allah Swt akan…memberi rezeki yang tidak ia duga.’ (HR Abu Daud dari Ibnu Abbas).

2. ‘Siapa yang bertakwa kepada Allah Swt niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka. Dan siapa yang bertawakal kepada Allah Swt, maka (Dia) akan mencukupkan (keperluannya)…’ (QS Ath-Thalaq, 65:2-3).

3. ‘Siapa yang senang dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya maka sambunglah tali silaturahim.’ (HR Bukhari dari Anas bin Malik).

4. ‘Wahai kalian semua, kerjakanlah haji dan umrah secara beruntun, karena runtunnya haji dan umrah itu menambah umur dan rezeki…’ (HR Tirmidzi dari Abdullah bin Amir).

5. ‘Berpagi-pagilah kalian dalam mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhan hidup yang lain, karena pada pagi hari terddapat barakah dan kemenangan.’ (HR Thabrani dari Aisyah r.a.).

6. ‘Siapa yang mendapatkan harta dari cara dan sebab tertentu (bisnis atau bekerja), maka hendaknya ia terus menekuni dari cara itu.’ (HR Ibnu Majah dari Anas bin Malik).

7. ‘Wahai anak Adam, jangan sampai kalian tertinggal untuk melakukan ibadah kepadaKu dengan empat raka’at di awal hari (shalat Dhuha), maka Aku akan cukupi kamu hingga akhir hari.’(Hadis qudsi)

8. ‘Pancinglah rezekimu dengan sedekah.’(HR Baihaki).

Rezeki yang melimpah bukanlah sebuah kemustahilan untuk dicapai andai istiqanah dalam menjalankan semua teladan yang diberikan oleh Rasul Saw dengan batas-batas terbaik dari kesanggupan kita sebagai umat beliau.
Lantas apa saja hal-hal yang bisa membuat pintu gudang rezeki tertutup rapat-rapat dan menghalangi akses kita untuk menjangkau kebaikan dan manfaat yang tersimpan di dalamnya? Berikut ini adalah rangkaian tindakan yang bisa membuat kunci berputar menutup jalan keberuntungan kita :

1.’…seseorang menolak rezekinya dengan perbuatan dosa yang telah dikerjakannya.’(HR Ibnu Majah dari Tsauban).

2.’Takutlah kalian akan perbuatan zina karena di dalamnya terdapat empat hal; (yakni) menghilangkan ketampanan wajah, menutup pintu rezeki, membuat Allah swt marah, dan pelakunya akan kekal di dalam neraka.’(HR Thabrani dari Ibnu Abbas).

3.’…dan siapa yang menjadikan dunia sebagai tujuan hidupnya, maka Allah Swt menjadikan kefakirannya seolah tampak di antara kedua matanya…’ (HR Tirmidzi dari Anas bin Malik).

4.’Janganlah kalian merasa terburu-buru untuk mendapatkan rezeki karena sesungguhnya seorang hamba tidak akan mati hingga ia sampai pada akhir (menghabiskan) rezeki yang telah menjadi jatahnya…’ (HR Hakim dari Jabir bin Abdullah).

Mari mainkan kunci dengan benar untuk menangguk rezeki halal lagi penuh manfaat bagi kemaslahatan dunia – akhirat.

Source:
http://m.kompasiana.com/?act=r&id=268981

One Response to “Buka Tutup Gudang Rezeki”

  1. Izam said

    Ada btl nya hds di atas. Saudara pembaca kenalkan nama sy izam umur sy 37 thn sy sudah punya istri dan 2org anak. Sy seorg bisnis man sangat giat dan rajin segala bisnis dan usaha sdh sy cuba tp sy tk pernah mendapatkan hasil maxsimal dgn kt lain tk pernah ada untung, utk mkn pun tk ckp. Nak thu saudara pembaca ada 1 yg tk bisa sy elak yaitu BERZINA. Tp jgn slh saudara sy tk suka beli tp sy suka pacaran tak puas ht kalao saya tk rasakan anunya pacar sy. Sy suka sekali merasakan perbebedaan setiap wanita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: