Leave With Smile

To leave the world with a smile..

Komentator Ulung

Posted by leavewithsmile on February 17, 2013

Beberapa waktu lalu saya membaca twit dari @duniasoccer yang berisi kira-kira “Rooney gagal penalti”. Di bawahnya saya melihat comment dari seseorang yang isinya: “Dasar Rooney bego.”

Saya bukan pendukung MU dan juga bukan fans Rooney. Tapi kita bisa tahu, Rooney adalah pemain bola top yg hanya gagal eksekusi penalti. Saya pikir yang agak pantas meledek Rooney adalah pemain bola yang lebih hebat dari Rooney seperti Lionel Messi.

Tapi komentator di atas adalah orang Indonesia yang jadi pemain timnas pun tidak. Ia hanya orang biasa yang suka nonton bola. Sangat tidak pantas berkata demikian.

Teringat perumpamaan dari Imam Al Ghazali. Beliau mengatakan bahwa manusia adalah komentator ulung. Takkan habisnya manusia berkomentar. Seumpamanya jika ada bapak dan anak menunggangi seekor keledai, maka orang-orang yang melihatnya akan berkata: “Duhai tega sekali bapak dan anak itu, kasihan sekali keledai itu ditunggangi dua orang”. Jika keduanya berjalan kaki di samping keledai, maka orang-orang yang melihatnya akan berkata: “Duhai bodoh sekali kedua orang itu menuntun keledai, bukannya dinaiki”. Jika sang bapak naik keledai dan anak berjalan di sampingnya, orang-orang yang melihatnya akan berkata: “Duhai jahat sekali si bapak terhadap anaknya”. Jika anaknya naik keledai sedang bapaknya berjalan, orang-orang yang melihatnya akan berkata: “Sungguh anak yang durhaka membiarkan bapaknya lelah berjalan”.

Sungguh manusia komentator ulung. Tak terkecuali penulis blog ini. Teringat pula Nabi SAW bersabda: “Hendaknya seorang mukmin berkata baik atau diam”. Tidak sepatutnya kita memberi komentar negatif atau meledek. Diam lebih baik daripada berkomentar tidak penting. Jika ada yang kurang baik di sekitar kita, hendaklah kita memberi masukkan positif yang membangun. Bukan cuma mengomentari tanpa memberi solusi. Hanya kepada Allah kita memohon taufik dan hidayah. Semoga Allah melindungi kita dari komentar tak berguna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: