Leave With Smile

To leave the world with a smile..

Masa Muda Milik Siapa?

Posted by leavewithsmile on October 5, 2013

Setiap dengar lagu Mocca (terutama Twist Me Around), saya akan selalu terbawa ke masa-masa itu. Masa SMA. The album was released on 2002. I was on senior high school kelas dua pada saat itu. Masa-masa penuh kenangan. Masa-masa penuh penyesalan di hari-hari ini. Penyesalan karena cuma tahu bermain dan nongkrong ga jelas tanpa pernah serius belajar dan berkarya di SMA.

Di penghujung usia 20-an ini rasanya malu. Tidak ada prestasi yang bisa dibanggakan di hadapan keluarga. Apalagi di hadapan Allah SWT. Malu karena ilmu dan amal seperti jalan di tempat bahkan mundur, sementara dosa dan salah semakin ke bulan. Malu karena rekan-rekan seumuran di SMA sudah banyak yang melangkah jauh ke depan sementara saya masih tertinggal di pedalaman hawa nafsu.

Masa muda. Masih pantaskah umur kita disebut muda. Padahal jika ditanya orang tentang tahun lahir; pasti akan becanda korupsi tahun kelahiran. Dulu saat remaja, kita ingin disebut dewasa. Tapi saat dewasa, kita ingin disebut masih remaja. Inilah ironi.

Kembali ke lagu mocca. Kembali ke memori masa itu. Kembali kepada penyesalan. Kita tahu penyesalan selalu belakangan dan perkataan setan lah yang selalu terngiang: “Seandainya dulu aku.. pasti.. seandainya.. seandainya”. Na’udzubillah. 

Lalu refleksi ini, renungan ini, tulisan ini mudah-mudahan membawa semangat baru. Semangat pada diri ini bahwa bukanlah harta yang menunjukkan derajat kita di sisi Allah SWT. Bukanlah rupa, bukan juga tahta setinggi apa pun itu di suatu perusahaan atau daerah. Semangat itu adalah taqwa. Derajat itu ada di taqwa. 

Juga semangat tentang bukan bagaimana engkau hidup, tapi bagaimana engkau mati; dengan iman atau tanpa iman. Semangat bahwa pintu taubat selalu terbuka sebelum nyawa sampai kerongkongan. Semangat bahwa Allah mengampuni dosa kita seluruhnya kecuali syirik. Semangat bahwa di balik kesulitan ada kemudahan-kemudahan. Semangat bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan amal hamba-Nya walau sekecil atom. Semangat bahwa kita masih hidup, kita masih bisa tersenyum, dan kita masih bisa memilih: tobat sekarang atau tobat nanti dengan jurang menganga penyesalan abadi. Semangat bahwa bukan soal berapa umur kita, tapi soal sekuat apa kita bisa istiqomah dalam taqwa.

Semangat bahwa kita punya orang-orang yang mencintai kita dan kita mencintai mereka. Semangat bahwa Dia Maha Mendengar doa-doa kita. Doa untuk kita dan orang-orang yang kita cintai. Semangat bahwa kita bisa masih hidup. Semangat bahwa kita masih muda selama pantang putus harap.

Lalu… Siapakah yang layak menyandang gelar pemuda? Apakah mereka para anggota boy-band yang pandai menari? Apakah mereka anak ABG yang dapat mobil dari bapaknya lalu melanggar lalu lintas dan pamer speedometer? Apakah mereka yang metro-sexual, celana ketat dengan gadget terbaru? 

Tanyalah pada Al-Qur’an. Para ahli kahfi-lah yang disebutkan Allah di dalam Al-Qur’an sebagai pemuda sejati. Tiga ciri mereka: terpelajar, berani, dan yang terpenting; mereka beriman. Sudahkah cukup ilmu dan amal kita sehingga disebut terpelajar? Cukupkah hafalan Qur’an kita padahal para Imam yang mulia itu sudah hafizh sejak usia di bawah 10 tahun. Sudahkah kita berani mengatakan yang benar itu benar dan yang salah itu salah. Beranikah kita menolak uang suap atau segala jenis “barang-terimakasih-terkait-jabatan-kita”? Dan yang terpenting: beranikah kita berjihad di jalan Allah? Dengan definisi jihad yang coba dikaburkan oleh para pengecut dan para antek ghazwul fikri. Lalu sudah berimankah kita? Padahal kelakuan kita di saat sepi berbeda jauh dengan kelakuan di keramaian.

Penuhilah tiga ciri itu dan mudalah anda selamanya. Mudah-mudahan Allah memberikan hidayah dan kekuatan bagi kita supaya bisa memenuhi tiga ciri itu dan senantiasa diridhai-Nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: